Skip to main content

Apa Itu Kanker & Stadium Kanker?

Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan pertumbuhan sel abnormal, yang membesar dan menyebar ke kelenjar getah bening dan juga ke organ-organ yang lain. Umumnya, kanker tidak menimbulkan gejala pada awalnya sehingga biasanya baru terdeteksi ketika penyakit ini sudah masuk ke stadium lanjut.

Oleh sebab itu, ada banyak penderita kanker yang meninggal dunia karena terlambat mendapatkan pengobatan. Tak heran apabila WHO menyebut bahwa penyakit ini merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia di mana di tahun 2020, tercatat ada 19,3 juta kasus dengan angka kematian mencapai 10 juta jiwa.

Menurut Dr. Chong Kwang Jeat, dokter onkologi di Mahkota Medical Center Melaka, stadium kanker terbagi menjadi 4, yaitu:

Stadium 1

Kanker stadium 1 adalah ketika sel kanker sudah tumbuh dan membentuk jaringan tumor berukuran kecil tetapi belum menyebar ke bagian lain. Pada stadium ini, pasien biasanya tidak mempunyai gejala sehingga keberadaan sel kanker kerap tidak disadari.

Stadium 2

Di stadium 2, sel kanker sudah berukuran cukup besar dibandingkan stadium 1. Meskipun begitu, belum ada penyebaran ke bagian tubuh lain. Pada stadium ini biasanya mulai muncul gejala, seperti: benjolan, nyeri di bagian tubuh tertentu, cepat lelah, atau demam berulang akan dialami pasien.

Apabila mengalami salah satu dari gejala di atas, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Pengobatan kanker pada stadium awal memiliki tingkat kesembuhan yang lebih tinggi.

Stadium 3

Pada stadium 3 ini, sel kanker sudah menyebar hingga ke kelenjar getah bening dan sekitarnya. Gejala yang diderita pasien umumnya akan semakin bertambah dan semakin parah. Misalnya, jika sebelumnya, gejalanya hanya demam berulang, di stadium 3, pasien tidak hanya mengalami demam tapi juga batuk kronis atau memar dan pendarahan secara spontan.

Stadium 4

Di stadium 4 ini, sel kanker yang awalnya hanya ada pada satu titik, kini sudah menyebar ke beberapa titik di bagian tubuh pasien. Sebagai contoh, awalnya sel kanker yang tumbuh di payudara telah menyebar hingga ke paru-paru atau ke tulang.

Pasien penderita penyakit kanker stadium 4 memiliki harapan hidup yang kecil karena pengobatan yang dilakukan, baik itu kemoterapi, operasi, radioterapi, imunoterapi, atau terapi hormon hanya bertujuan untuk meringankan gejalanya.

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter.
Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada 12 Feb 2022.


Dr. Chong Kwang Jeat

Dr. Chong Kwang Jeat

Dokter Onkologi
(sub. Oncology & Radiotherapy)
Mahkota Medical Centre

Artikel Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Apakah itu Biopsi?
Apakah itu Biopsi?

Biopsi adalah prosedur pemeriksaan yang dilakukan untuk mendiagnosa keberadaan penyakit kanker pada pasien. Temukan info lengkapnya disini.

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.