Skip to main content

Apa Itu Imunoterapi?

Imunoterapi adalah satu opsi pengobatan kanker dengan cara meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh kita agar lebih efektif melawan sel kanker.

Pengobatan ini dapat diberikan kepada pasien lewat infus, krim oles, obat minum, atau suntikan langsung ke kandung kemih penderita.

Tujuan

Setiap orang memiliki sistem imun yang bekerja untuk pertahanan tubuh guna melawan patogen berbahaya seperti bakteri, virus, dan sel kanker.

Sistem kekebalan tubuh akan mematikan atau menggiring keluar patogen berbahaya tersebut keluar dari tubuh. Selain itu, sistem imun juga bisa membedakan sel normal dan patogen sel asing dengan baik.

Sayangnya, sel kanker memiliki kemampuan untuk menyamarkan keberadaan diri dalam tubuh yang akan menyebabkan sistem imun tidak dapat mengenali atau membedakan antara sel kanker (sel asing) dengan sel normal (sel baik).

Untuk itu, diperlukan peningkatan sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker dengan menggunakan pengobatan imunoterapi yang bertujuan untuk:

Membantu sistem imun, khususnya T-cell yang merupakan salah satu jenis sel darah putih yang sangat penting untuk memperkuat, mengenali, dan menargetkan sel kanker yang terdapat dalam badan pasien, kemudian

Membunuh sel tersebut.

Manfaat

Imunoterapi dianggap tepat untuk pengobatan kanker (sesuai dengan kondisi pasien dan rekomendasi dokter) karena:

  1. Dapat membantu pengobatan lain yang sedang dilakukan. Sebagai contoh, kinerja kemoterapi bisa berjalan lebih baik jika pasien juga melakukan imunoterapi.
  2. Lebih efektif jika dibandingkan pengobatan lain, seperti radiasi dan kemoterapi, terutama untuk pengobatan kanker kulit.
  3. Efek sampingnya lebih kecil dibandingkan pengobatan lain karena terapi ini membuat sistem imun hanya menyerang sel kanker saja.
  4. Dapat menimbulkan imunomemori yang merupakan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk mengikat sel kanker sehingga akan langsung diserang jika muncul lagi di kemudian hari.

Jenis

Ada 3 jenis imunoterapi yang sering digunakan untuk perawatan kanker, yaitu:

Antibodi monoklonal

Ini adalah protein imun buatan yang didesain khusus untuk dapat menandai sel-sel kanker secara spesifik sehingga dapat membunuh sel kanker tanpa ikut menghancurkan sel yang sehat.

Immune checkpoint inhibitors

Immune checkpoint inhibitors adalah obat yang dapat membantu sistem imun dalam merespon sel kanker dengan cara mengganggu kemampuan sel kanker untuk menghindari serangan sistem kekebalan tubuh.

Vaksin kanker

Tujuan penyuntikan vaksin adalah untuk merespon imun terhadap sel-sel kanker guna mencegah maupun mengobati kanker.

Imunoterapi untuk Pengobatan Kanker

Jenis imunoterapi yang akan digunakan untuk tiap pasien berbeda, disesuaikan dengan kasus dan kondisi pasien.

Menurut Dr. Shum Weng Yoon, dokter onkologi (kanker) yang praktek di Mahkota Medical Centre, terapi yang paling sering digunakan adalah immune checkpoint inhibitors.

Sel kanker memiliki kemampuan menyamarkan keberadaan diri sehingga tubuh menafsirkan sel kanker sebagai sel normal. Oleh karena itu, T-cell tidak akan menyerang atau menghancurkan sel kanker dalam tubuh dan sel kanker akan berkembang.

Tujuan obat checkpoint inhibitorsadalah untuk menghalangi sel kanker menyamarkan diri atau dalam istilah medisnya adalah untuk menghalangi pengikatan protein tertentu, seperti PD-L1 sehingga memungkinkan sel T untuk mengenali dan menyerang sel kanker.

Imunoterapi dengan checkpoint inhibitors cocok sebagai terapi untuk:

  • Kanker ginjal
  • Kanker saluran kencing
  • Kanker paru-paru
  • Kanker perut
  • Kanker hati

Efek Samping

Sangat dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter secara rinci sebelum memulai pengobatan karena terapi ini memiliki efek samping, seperti:

  • Nyeri
  • Bengkak
  • Kemerahan
  • Gatal
  • Ruam pada kulit di area suntikan

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter.
Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada 14 Jan 2022
Diperbaharui terakhir pada tanggal 12 Feb 2022.


Dr. Shum Weng Yoon

Dr. Shum Weng Yoon

Dokter Onkologi
(sub. Oncology & Radiotherapy)
Mahkota Medical Centre

Artikel Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Kemoterapi Vs Terapi Target, Mana Yang Lebih Efektif?
Kemoterapi Vs Terapi Target, Mana Yang Lebih Efektif?

Apakah kemoterapi lebih efektif dibandingkan terapi target atau sebaliknya? Temukan perbandingannya disini.

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.