Skip to main content

Melaka River Cruise: Menjelajah Melaka Dari Tengah Sungai


Melaka River cruise menawarkan wisatawan untuk menikmati keindahan kota Melaka dari sisi berbeda, yaitu dari tengah sungai. Menaiki kapal wisata sekitar 45 menit, kita cukup duduk dan memanjakan mata dengan melihat-lihat pemandangan sekeliling sungai Melaka.

Mumpung cuaca sedang cerah dan bersahabat, niat untuk mencari tahu semakin menggebu. Kebetulan di samping sungai ada sebuah kapal yang sedang menunggu dan siap mengantarkan wisatawan mengelilingi indahnya kota pelabuhan ini.

Sungai yang panjangnya mencapai 40 Km ini dulunya adalah penggerak ekonomi kota Melaka pada masa keemasannya dulu. Menyusuri sungai Melaka sama dengan menelusuri sejarah kehidupan masa lalu di Melaka. Ini sangat menarik untuk dicoba tentunya.

Selama perjalanan akan ditemani alunan musik Melayu yang sesekali disela narasi tentang sejarah kampung-kampung yang dilewati.


Duduk Santai Menikmati Panorama Tepian Sungai

Kapal akan berangkat dari dermaga Museum Maritim. Katanya, pada saat menjelang senja antrian kapal semakin panjang. Bagaimana tidak, banyak orang yang ingin naik kapal di waktu tersebut untuk bisa mendapatkan momen kala matahari mulai turun hingga senja. Apalagi kalau bisa membawa pasangan liburan bersama, sudah pasti suasananya bakal romantis. Bikin iri para jomblo.


Jika beruntung bisa menaiki Melaka River Cruise di sore hari saat menjelang senja, lampu-lampu kota mulai dinyalakan dan berpadu dengan bias cahaya mentari semakin menambah syahdu suasana sambil diiringi musik Melayu. Pemandangan di kiri dan kanan sungai semakin mengeluarkan aura romantis.

Perahu motor berukuran sedang yang kurang lebih berisikan 30 orang ini mulai berjalan. Paling enak duduk disamping perahu karena bisa leluasa menikmati setiap inci dari kota Melaka sambil mendengarkan keterangan mengenai segala hal yang dilewati sepanjang sungai Melaka.

Dari perahu tersebut, ada banyak panorama menarik untuk disaksikan. Mulai dari kampung-kampung tradisional, hotel mewah di pinggir sungai, kincir air seperti yang Belanda punya, kafe-kafe kecil dan unik yang sengaja dihadapkan ke sungai menambah semarak tepian sungai. Bahkan di sisi sungainya terdapat kampung Jawa juga lho.


Banyak juga pejalan kaki yang berdiam diri untuk sekedar menikmati suasana pinggir sungai Melaka yang damai dan tenteram. Sungai disini begitu bersih sehingga sangat nyaman bagi siapa saja yang datang.

Ingin Kembali Lagi dengan Cara yang Berbeda

Jika ada waktu, rejeki, dan stamina yang cukup, ingin rasanya kembali lagi menyusuri sungai Melaka dengan cara yang berbeda. Di lain kesempatan sangat ingin mencoba berjalan kaki menelusuri tepian sungai. Apalagi di sepanjang sungai sudah dibuatkan walking trail yang nyaman untuk pejalan kaki.

Dengan berjalan kaki, hal yang paling seru adalah mengunjungi kampung-kampung bersejarah, seperti Kampung Morten, Kampung Hulu, hingga taman bermain mini Pirate Adventures Land. Kalau lelah tinggal mampir saja ke kafe-kafe yang ada di pinggir sungai.


Meski begitu, menaiki Melaka River Cruise bakal bikin ketagihan untuk datang lagi terutama kalau bisa ngajak doi. Suasana tak terlupakan disertai panorama indah membuat merasa bahagia, penat langsung hilang. Ditambah lagi, feed instagram bakal makin kece dengan foto-foto bagus yang bisa diambil selama perjalanan menyusuri sungai.

Tips yang Ingin Naik Melaka River Cruise

Setelah merasakan sendiri bagaimana seru dan nikmatnya menyusuri kota Melaka dengan Melaka River Cruise, ada tips-tips terbaik untuk kamu yang ingin berkunjung juga.

  • Paling enak dan nyaman menyusuri sungai Melaka dengan Melaka River Cruise yaitu pada sore hari antara jam 18.30 - 19.30 ketika cuaca tidak terlalu panas. Menjelang senja adalah saat-saat terbaik jika ingin suasana yang lebih romantis hingga lampu-lampu kota dinyalakan.
  • Usahakan tiba di dermaga 15 menit sebelum keberangkatan kapal. Karena perjalanannya adalah pergi-pulang, maka ada dua dermaga untuk keberangkatannya. Satu ada di Taman Rempah dan satu lagi di belakang Museum Samudera.
  • Kita juga diperbolehkan kok untuk turun di lokasi tertentu yang diinginkan, minta request ke nahkoda kapal dan akan segera dicarikan dermaga terdekat. Tapi kalau sudah turun tidak bisa lanjut perjalanan naik kapal lagi.
  • Harga tiket naik Melaka River Cruise sebesar RM 30 untuk dewasa, dan RM 25 untuk anak-anak.
  • Untuk jam operasionalnya, kapal wisata sungai Melaka buka setiap hari mulai jam 09.00 sampai 23.30.

Ditulis pada 23 Okt 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 25 Nov 2021.


Artikel Wisata & Kuliner Lainnya

Baca juga artikel tempat-tempat wisata dan kuliner Malaysia lainnya:

Asam Laksa Penang
Asam Laksa Penang

Asam laksa Penang dikenal sebagai hidangan kuliner yang paling enak di penjuru Malaysia selain laksa Sarawak, dan laksa Johor. Gimana nikmatnya?

Entopia Penang
Entopia Penang

Bagaimana rasanya berkunjung ke "rumah" kupu-kupu yang terbesar di Asia Tenggara, dengan lebih dari 15 ribu kupu-kupu terbang di sekitar kita?

TeddyVille Museum Penang
TeddyVille Museum Penang

Teddyville Museum Penang menampilkan berbagai macam koleksi boneka Teddy Bear yang disukai anak-anak dari seluruh dunia, bahkan ada yang seukuran orang dewasa

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.