Skip to main content

Penang: Surganya Pecinta Durian


Buah durian Penang ini punya cita rasa yang lezat dan unggul. Jenis buah durian yang tersedia biasanya tergantung musim. Salah satu keistimewaan bagi pecinta durian adalah Bao Sheng Durian Farm yang terletak di Balik Pulau. Selain bisa makan durian sepuasnya, pengunjung juga dapat menginap di sini.

Tak tanggung-tanggung, Kebun Durian Bao Sheng ini memiliki kebun durian yang cukup luas sehingga tamu-tamu yang menginap disini bisa merasakan sensasi berbeda.

Makan Durian Gratis Sepuasnya


Ingin makan durian Penang gratis sepuasnya? Coba deh kamu datang ke Bao Sheng Durian Farm. Lokasinya ada di 150 MK 2 Sungai Pinang, Balik Pulau, Teluk Bahang, Penang, Malaysia, 11010.

Kebun Durian Bao Sheng ini merupakan penginapan yang unik dan sudah populer di kalangan wisatawan. Dari sini, para tamu bisa menikmati akses mudah ke semua yang ditawarkan kota yang semarak ini. Surga untuk beristirahat dan bersantai, serta para pecinta durian yang kalau makan durian tidak cukup hanya 3-4 buah saja.

Kebun Durian Bao Sheng ini adalah pertanian generasi ketiga yang mempraktikkan teknik pertanian organik dan kepekaan terhadap kesehatan, serta kesejahteraan manusia. Dari penginapan ini, kamu bisa menikmati pemandangan lereng bukit granit, dan angin laut yang sejuk dengan beberapa pohon durian tua.

Disini durian Penang yang ditawarkan ada berbagai rasa unik, sangat berbeda dengan di tempat-tempat lainnya di Malaysia. Lokasinya yang ada di Balik Pulau cukup jauh dari pusat kota. Bagi kamu yang belum pernah tahu tentang pulau ini, sebaiknya menggunakan taxi atau GrabCar untuk bisa sampai tujuan.

Rata-rata umur pohon durian yang ada di penginapan ini antara 70-80 tahun. Jika kamu adalah pecinta durian sejati, kamu pasti akan menyukai tempat ini, termasuk fasilitas dan layanannya. Disini, kamu bisa mendapatkan durian terbaik.

Akomodasi penginapan yang ada di Bao Sheng Durian Farm juga termasuk lengkap, berdesain tatami ala Jepang. Beberapa tipe kamar akomodasinya, diantaranya villa standar, villa keluarga, villa mewah, sampai villa bergaya Swiss.


Kebun Durian Bao Sheng menawarkan 2 jenis paket, yaitu menginap dan makan, tiket setengah hari (dari pukul 11.00-15.00), atau tiket 2 jam. Sayangnya, di masa pandemi sekarang ini, hanya tersedia 2 paket saja tanpa ada tur kebun durian.

Kalau kamu pilih paket Stay + Eat ini sudah mencakup tur kebun tur durian dan sesi mencicipi durian segar. Paket ini akan memberikan kamu pengalaman yang lengkap dan berpesta seperti raja.

Bisa dibilang Bao Sheng ini merupakan tempat makan prasmanan durian Penang yang paling murah di bandingkan tempat lainnya. Tak hanya puas, durian ini juga disajikan dengan kualitas unik.

Perkebunan durian Bao Sheng ini adalah kebun durian organik yang memungkinkan pelanggannya menikmati durian segar langsung dari pohonnya. Ini berarti kamu bisa menikmatinya segera setelah jatuh dari pohonnya. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan langsung pengantarannya sambil staycation.

Untuk harga akomodasinya sendiri mulai dari RM 150 (Rp511.396), harga tersebut sudah termasuk dengan fasilitas tour buah durian di kebunnya langsung. Harga bisa berbeda-beda tergantung musim. Begitu juga dengan durian, ada baiknya kamu datang di bulan Juni atau Juli saat sedang musim puncaknya.

Sebagai catatan, kamu semua pasti sudah tahu kan kalau membeli buah durian itu sangat sulit. Bagian tersulitnya, kita tidak tahu mana kualitas daging duriannya yang baik dengan hanya melihat dari tampilan, dan aromanya.

Buah durian Penang yang ditawarkan beragam jenisnya, mulai dari Musang King, Red Shrimp, Black Thorn, D11, dan lainnya. Which is harga-harga durian yang dijual sangat mahal, mulai dari RM 50 sampai RM 100 (Rp170.465-Rp340.931). Jadi, akan sangat rugi jika kamu akhirnya tidak mendapatkan kualitas durian terbaik.

Kalau begitu cuma penjual yang tahu mana durian yang punya kualitas bagus dan yang tidak termasuk tipenya. Bagi orang awam, lebih banyak dibuat pasrah ketika memilih durian. Untuk durian Musang King, dimana di Malaysia ini sangat terkenal dibandingkan jenis lainnya. Namun, untuk rasanya tidak ada perbedaan signifikan dibanding durian-durian yang ada di Indonesia.

Pilihan Alternatif Makan Durian di Penang

Bao Sheng durian farm memang asik untuk dikunjungi, apalagi duriannya yang menggoda semakin ingin menyantapnya. Hanya saja karena lokasinya yang cukup jauh ada di Balik Pulau, tidak semua bisa mengaksesnya.

Tapi kamu tak perlu khawatir, masih ada ko tempat makan durian yang enak di Penang. Beberapa alternatif berikut ini juga tak kalah menarik dan mantap untuk dikunjungi sembari menyantap legitnya durian Penang.


  1. Penang Ah Tek Zai Durian (Cheng Hin 88 Trading)

    Alternatif tempat makan durian Penang yang pertama adalah Ah Tek Zai Durian. Disini termasuk salah satu durian terbaik, ramah, dan label harganya yang wajar. Jenis durian yang disajikan juga cukup banyak, mulai dari Jahe Tua, Capri, Hor Loh, Musang King, Lipan, hingga Black Thorn.

    Jika bingung memilih durian yang mana, pemiliknya akan dengan senang hati membantu memberikan rekomendasi sesuai selera kamu.

  2. Durian Kaki

    Namanya cukup unik yaa. Tapi meskipun begitu, tempatnya yang berlokasi di Paya Terubong ini terkenal karena membiakkan spesies duriannya sendiri lho. Bahkan Durian Kaki pernah diberi penghargaan. Jika kamu mencari durian berkualitas terbaik selain di Bao Sheng, tempat ini bisa jadi pilihan yang tepat.

    Durian Kaki punya cukup banyak jenis durian Penang, diantaranya seperti Lipan, Khun Poh, D604, dan banyak lagi. Mereka juga menyediakan jasa antar pesanan ke tempat kamu menginap lho.

  3. Q Durian Empire

    Q Durian Empire merupakan bisnis kecil yang dikelola keluarga di Cecil Street Market. Durian yang ditawarkan punya kualitas terbaik dan beberapa pelayanan yang baik juga. Kamu bisa memesannya ketika ingin makan durian tapi mager keluar akomodasi.

    Jenis durian yang dijajakan diantaranya seperti Hor Loh, Black Thorn, D600, Lipan, dan beberapa jenis lainnya.

  4. Kebun Durian Pantai Aceh

    Kebun durian kecil ini juga merupakan bisnis keluarga yang terletak di Pantai Aceh. Disini tersedia banyak macam durian langsung dari perkebunan mereka sendiri. Beberapa jenis durian yang ditawarkan, antara lain Little Red, Capri, No. 11, Lipan, dan durian premium seperti Musang King, Hor Loh, dan Red Prawn.

    Durian disini dijamin segar, namun tersedia dalam jumlah terbatas. Menariknya disini adalah jika kamu datang lagi mampir ke kebun durian ini, kamu bakal dapat milkshake durian gratis.



Ditulis pada 4 Jul 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 14 Okt 2021.


Artikel Wisata & Kuliner Lainnya

Baca juga artikel tempat-tempat wisata dan kuliner Malaysia lainnya:

11 Tempat Wisata Terbaik di Melaka
11 Tempat Wisata Terbaik di Melaka

Melaka merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang memiliki banyak tempat wisata. Cek 11 tempat wisata terbaik di sini.

St Paul's Church Melaka
St Paul's Church Melaka

Dibangun tahun 1521, St Paul's Church merupakan gereja tertua, tidak hanya di Malaysia tetapi juga di Asia Tenggara. Cari tau kenapa puing-puing ini menarik bagi pelancong.

Dim Sum Penang
Dim Sum Penang

Ukuran yang kecil dan pilihan masakan yang beragam membuat dimsum kerap dijadikan pilihan makan pagi, termasuk ketika berkunjung ke Penang.

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.