Skip to main content

Berburu dim Sum Enak di Penang


Dim sum merupakan makanan yang dapat ditemukan dengan mudah. Bentuknya dan jenisnya yang beragam mampu menyihir lidah kita dengan rasanya yang enak meskipun ukurannya kecil. Hampir di setiap sudut kota Penang, hidangan dimsum bisa ditemui dengan mudah.

Namun, harga yang ditawarkan beragam, mulai dari yang biasa hingga dimsum premium dengan tambahan macam-macam saus di atasnya. Selain itu, karena makanan ini berukuran kecil, tak sedikit yang membuat orang berpikir apakah harganya sesuai dengan rasa dan kualitasnya.

Dulu Hanya Ada di Restoran Mewah


Sebelum jadi makanan masyarakat umum, ternyata dimsum hanya bisa ditemukan di hotel atau restoran mewah dan harganya yang sudah pasti mahal. Namun, seiring berjalannya waktu, kudapan yang disajikan dalam wadah kukusan bambu ini bisa disantap oleh siapapun.

Apalagi selain karena rasa, dimsum memiliki varian jenis yang beragam sesuai di lidah siapa saja. Ada yang asin dan juga manis, bagi yang tidak suka seafood, ada dimsum roti. Jika tidak suka keduanya tersedia dimsum ayam, dimsum bakso, dan dimsum sayuran. Tinggal pilih saja mana yang cocok dengan lidahmu.


Berbagai model dimsum yang jadi favorit para pecintanya, yaitu ha kaw berisi udang, siew mai yang diisi ayam atau udang, ba pao, gyoza, ceker, chicken dumpling, dan aneka macam dimsum lainnya.

Dimsum diambil dari bahasa kantonis, yang berarti "makanan kecil". Pantas saja kenapa bentuknya kecil-kecil yaa, ternyata memang mengartikan namanya. Biasanya dimsum paling sering dimakan sebagai menu sarapan.

Kudapan yang berasal dari Hong Kong ini juga bisa disantap bersama dengan mie. Teksturnya lembut, sangat pas jika disediakan sebagai cemilan saat kumpul bareng keluarga atau teman-teman.

The Best Dimsum Penang


Kali ini kamu akan diajak untuk mencicipi dimsum Penang terbaik di Pulau Penang, Malaysia. Salah satu kudapan dimsum yang paling enak yaitu di Tai Tong Restaurant.

Tai Tong Restaurant ini letaknya ada di 45, Lebuh Cintra, George Town. Lokasinya tidak jauh dari Komtar atau Pasar Chowrasta yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10 menit. Jam buka restoran ini dibagi menjadi 2 shift, pertama jam 06.00 hingga 14.30 dan kemudian dilanjutkan jam 18.00 sampai 22.30.

Kalau kamu baru pertama kali datang kesini, pasti bingung bagaimana cara ordernya. Disini kamu tidak akan dihampiri dan diberikan menu, tetapi kamu harus menghampiri pelayan yang membawa troli dimsum. Sebelumnya kamu akan diberikan satu lembar kertas berisi price list yang akan membuat kamu makin bingung karena nama yang tertera ditulis dalam bahasa mandarin.

Karena tidak banyak pelayan yang bisa berbahasa Inggris, maka caranya tinggal tunjuk saja mau ambil dimsum yang mana dari troli tersebut. Setelah pilih-pilih, tunjukkan lembaran price list tadi untuk ditulis oleh pelayannya. Di restoran ini disajikan 3 macam dimsum dengan pelayan yang berbeda-beda, ada yang rebus, goreng, dan ada jenis panggang seperti bakpao yang tersedia di kios bagian belakang.

Setelah menunggu beberapa saat, dimsum yang dipesan akhirnya datang. Dari penampakannya, sepertinya ini adalah dimsum Penang dengan gaya Hong Kong. Jika kamu benar-benar pecinta dimsum pasti akan menyukai tempat ini.

Untuk harganya sendiri dimsum Penang di Tai Tong Restaurant ini beragam. Kamu bisa lihat di selembaran price list tadi, tertera mulai dari RM 2,10 sampai RM 10. Cukup murah bukan!

Secara keseluruhan rasa dimsum di restoran ini enak dan tidak mengecewakan, membuatmu ingin datang lagi ke tempat ini.

Kalau kamu ingin mencoba mencicipi dimsum Penang yang disajikan di Tai Tong Restaurant usahakan untuk datang pagi. Tempat makan ini sangat ramai pengunjung dan cukup sulit untuk mencari tempat duduk, terlebih tidak sistem antrian disini. Jadi, siapa cepat dia yang dapat kursi.

Ditulis pada 10 Jul 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 16 Okt 2021.


Artikel Wisata & Kuliner Lainnya

Baca juga artikel tempat-tempat wisata dan kuliner Malaysia lainnya:

Little India Penang
Little India Penang

Ingin berkunjung ke India? Tak perlu terbang jauh-jauh, cukup sisihkan waktu sejenak saat berada di Penang untuk menjelajah kawasan Little India.

Chicken Rice Ball Melaka
Chicken Rice Ball Melaka

Chicken Rice Ball memang spesial. Baik warga lokal maupun turis rela antri berjam-jam demi mencicipi lezatnya bola-bola nasi & ayam khas Melaka ini.

Botanical Garden Penang
Botanical Garden Penang

Penang Botanic Garden tidak hanya cocok dikunjungi pecinta tanaman, tetapi juga semua wisatawan. Mata pengunjung akan dimanjakan dengan lebih dari sepuluh ribu tanaman tertata cantik di sini.

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.