Skip to main content

Gejala Parkinson

Parkinson identik gejala-gejala motorik, khususnya ketidakmampuan pasien mengendalikan gerak organ tubuhnya. Padahal penyakit Parkinson ini juga menimbulkan gejala non motorik.

Gejala Non-motorik

Menurut Dr Goh Kwang Hwee, dokter saraf di RS Regency Johor Bahru, gejala non motorik muncul lebih awal dibandingkan gejala motorik tetapi kerap tidak disadari karena tidak kasat mata.

Adapun contoh gejalanya adalah:

  • Hilang penciuman: hidung akan terasa tidak nyaman dan kesulitan untuk mencium aroma/bau.
  • Gangguan tidur: susah tidur lelap, mudah terbangun, atau terbangun sebelum mendapat tidur yang cukup.
  • Sembelit: kesulitan buang air besar.
  • Merasa cemas atau panik
  • Depresi: gejala non-motorik lain adalah depresi. Diagnosa depresi hanya dapat diperoleh setelah berkonsultasi dengan dokter.


Gejala Motorik

Gejala motorik umumnya dibagi menjadi 4 kategori berikut:

  1. Gemetar (tremor)

    Gejala ini bisa terjadi pada bagian kaki, tangan, dan mulut. Umumnya, tremor akan berlangsung ketika tubuh sedang beristirahat (tidak sedang digunakan). Sebaliknya, tremor akan hilang, ketika anggota tubuh sedang digerakan.

  2. Gerakan melambat

    Kehilangan koordinasi dalam mengatur pergerakan tubuh umum terjadi pada penderita parkinson. Akibatnya gerakan tubuh akan melambat, kesulitan mengedipkan mata, dan kesulitan mengayunkan tangan saat berjalan.

  3. Otot terasa kaku

    Otot penderita akan terasa kaku dan tegang. Dengan demikian, penderita akan kesulitan membuat ekspresi wajah.

  4. Gangguan keseimbangan

    Gangguan keseimbangan juga merupakan gejala umum pasien Parkinson. Gejala ini sangat penting untuk diwaspadai karena gangguan keseimbangan dapat meningkatkan resiko terjatuh saat berjalan atau ketika berada di pinggir suatu area.


Jika mengalami gejala-gejala di atas, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan yang sesuai.

Untuk mendapatkan diagnosis, pasien disarankan berkonsultasi dengan dokter.
Bila berencana untuk berobat ke Malaysia, silakan isi form di sini.

Ditulis pada 7 Okt 2021
Diperbaharui terakhir pada tanggal 23 Des 2021.


Artikel Kesehatan Lainnya

Baca juga artikel-artikel kesehatan lainnya berikut ini:

Parkinson: Penyebab & Cara Diagnosa
Parkinson: Penyebab & Cara Diagnosa

Selain faktor genetik, parkinson juga bisa terjadi akibat faktor lingkungan. Ketahui apa saja faktor lingkungan yang dimaksud dan cara mendiagnosa-nya?

Pengobatan Parkinson
Pengobatan Parkinson

Gemetar, gerakan melambat, dan otot terasa kaku merupakan gejala parkinson. Ini terjadi akibat kekurangan dopamin pada otak. Tindakan apa yang cocok untuk mengobatinya?

Silahkan tinggalkan pertanyaan Anda pada form di bawah ini.

Masukan keluhan yang Anda rasakan pada form berikut. Tim dokter umum kami akan memberikan rekomendasi dokter terbaik di yang dapat menangani keluhan Anda. Terima kasih.